TANPA JUDUL

MAHLIGAI KEHIDUPAN MANUSIA

Tuesday, February 24, 2015

TEMPAT KEMBALINYA MANUSIA SETELAH KEMATIAN

Pada hakikatnya, setiap agama mengajarkan umatnya untuk berbuat baik dan menjauhi semua yang jahat. Setiap agama juga mengajarkan kepada umatnya untuk percaya tentang adanya kehidupan setelah kehidupan di dunia yang dipercaya oleh umat Islam sebagai kehidupan akhirat. Di kehidupan akhirat itulah setiap manusia akan mendapat balasan yang setimpal sesuai dengan perbuatan yang dilakukannya selama di dunia. Orang yang banyak berbuat baik dengan restu-Nya tentu akan ditempatkan di Surga, sebaliknya mereka yang kerap berbuat jahat akan mendapat siksa di Neraka.
Secara istilah, surga adalah tempat bagi orang yang beriman dan mengerjakan perintah serta menjauhi larangan ALLAH. Dan sebaliknya neraka berarti tempat balasan bagi mereka yang berbuat dosa dan kesalahan atau melakukan hal-hal yang dilarang ALLAH.Setiap orang memiliki persepsi bahwa Neraka merupakan tempat yang sangat mengerikan dimana terdapat berbagai macam sikasaan yang akan diterima manusia yang berbuat salah dan dosa.Dan sebaliknya semua Orang memiliki persepsi bahwa Surga merupakan tempat yang sangat menyenangkan dimana terdapat berbagai macam kenikmatan yang akan di terima manusia yang taat dan patuh kepada ALLAH.Dalam buku yang berjudul Ensiklopedia Kiamat,  Dr Umar Sulaiman Al-Asyqar menyatakan bahwa statement Ath-Thahawi di atas mewakili aqidah ahlus-sunnah wal-jama’ah. Beliau selanjutnya menguatkan pandangan di atas dengan mengutip beberapa ayat Al-Qur’an dan Hadits. Di antaranya:
                                    وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةعَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
”Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS Ali Imran ayat 133)

No comments: