TANPA JUDUL

MAHLIGAI KEHIDUPAN MANUSIA

Tuesday, February 24, 2015

ARTI SEBUAH COBAAN

SYEIKH ALI JABER berkata :“Allah Subhanahu Wata’ala memberikan ujian kepada manusia sesuai dengan kadar keimanannya. Semakin mantap iman kita, maka semakin tinggi cobaannya.
Kenapa seorang mukmin yang tinggi imannya memiliki banyak cobaan? Karena dia dipilih oleh Allah untuk menempati posisi sebagai hambaNya yang tertinggi, diampuni dosa-dosanya, dinaikkan derajatnya, dan juga ditutupi kekurangannya
Adapun orang yang termasuk lemah imannya, Allah tetap memberikan ujian tapi disesuaikan pula dengan tingkat keimanannya
LAYUKALLIFULLAHU NAFSAN ILLA US’AHAA (Q.S. Al-Baqarah(2): 286)
Artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya…”
ALLADZI KHALAQAL MAUTA WAL HAYATA LIYABLUWAKUM AYYUKUM AHSANU ‘AMALAN WAHUAL AZIIZUL GHOFUUR (Q.S. Al-Mulk(67): 2)
Artinya: ‘Yang menjadikan mati dan hidup, supaya dia menguji kamu siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”.
Para ulama menjelaskan bahwasanya inti daripada cobaan dan ujian itu adalah ISTIKHRAAJUD DU’A(DIBUKAKANNYA PINTU DO’A).
karena pada saat kita diuji oleh Allah SWT dan kita sudah tidak kuat lagi menahannya, maka kita pun akan memohon kepada Allah dengan do’a-do’a kita secara ikhlas dan terus-menerus
Allah SWT sangat senang dengan bisikan do’a yang ikhlas dan keadaan ikhlas itu terkadang tidak keluar pada saat senang, tapi ia baru bisa keluar pada saat susah.
Inti dari cobaan adalah Allah ingin menyadarkan kita untuk kembali kepada Allah SWT, agar kita meminta dan memohon kepada Allah SWT”.

No comments: